mardi 15 décembre 2009

Jawaban atau Proses

Kembali termenung setelah sekian lama. Pikiran ini datang disaat kondisiku yang sedang berbaring di tengah kegelapan dalam kamarku. Kondisi baik fisik dan pikiranku yang lelah, membuat jiwa kembali bertanya-tanya tentang masa depan yang tidak seorang pun tahu. Aku tahu terlalu banyak berpikir, tidak akan ada perubahan. Aku harus berani mencoba dan melangkah ke depan meskipun tidak ada yang tahu bahwa tindakan yang aku ambil ini benar atau salah Akhirnya aku mengambil suatu keputusan tanpa berpikir jauh. Dengan mengambil langkah pertama ini, aku tahu kini dalam kehidupanku sekarang, aku telah bergerak ke depan.

Nenek pernah bilang
"Semakin banyak variabel yang kamu ketahui, semakin susah kamu mengambil suatu keputusan."

Semakin banyak data yang aku kumpulkan, semakin membuat diriku dilema akan keputusan yang harus kuambil. Terlalu banyak variabel yang aku ketahui, membuat aku selalu berpikir dengan awalan 'jika' sehingga, pertanyaan-pertanyaan yang terlintas dalam pikiranku tidak selesai-selesai. Satu statement terlalu banyak kemungkinan yang bisa terjadi, ketika dari beberapa kemungkinan itu aku berhasil mengambil keputusan, pertanyaan berikut akan muncul dengan beberapa alternatif jawaban yang lebih banyak lagi.

Aku tahu bahwa dalam kehidupan ini pertanyaan akan terus mengalir tanpa aku cari. Dibalik setiap jawaban pasti akan memunculkan pertanyaan baru yang memungkinkan tidak ada jawaban yang pasti. Ini bukti nyata bahwa aku hidup dengan pertanyaan-pertanyaan yang mana aku harus cari jawabannya. Pada dasarnya, aku mengambil suatu kesimpulan. Bahwa dibalik sebuah jawaban yang diperlukan insan di dunia ini adalah proses pencarian akan jawaban tersebut. Proses itu yang membuat jiwa kita berkembang dan lebih mengerti lagi akan tujuan akhir.

Sehingga pertanyaan yang mana lebih penting, 'Jawaban akhir' atau 'Proses pencarian jawaban tersebut'. Seperti halnya, lebih penting 'Hasil Akhir' atau 'Proses menuju hasilnya'? Banyak yang berkata, proses yang baik akan menghasilkan akhir yang baik. Aku setuju, dan bisa mengambil suatu konklusi, apabila proses itu sudah baik dan aku sudah mengeluarkan segenap kemampuanku dalam proses ini untuk menghasilkan jawaban atau hasil yang baik. Namun pada akhirnya Hasil akhirnya tidak sesuai bayanganku, itu pertanda bahwa hasil tersebut bukanlah yang terbaik buat diriku.

Aucun commentaire: