mardi 6 janvier 2009

New Year = New You

Aku selalu berpikir, untuk melakukan sebuah perubahan diperlukan waktu atau moment yang pas untuk perubahan tersebut terjadi. Kapankah itu? Menurutku yang paling tepat adalah ketika memasuki tahun yang baru. Disaat seperti inilah, kalimat 'new year = new you' yang keluar dari mulut bisa berlaku. Namun apakah fakta mengatakan hal demikian?

Yang dimaksud dari kalimat 'New Year = New You' ini mungkin bisa diaplikasikan ketika kita ingin mengadakan perubahan dalam sikap. Atau sesuatu yang jelek di tahun sebelumnya ingin kita hilangkan dengan melakukan suatu perubahan yang sering disebut resolusi. Namun, ketika tahun baru akan datang, ketika kita siap menyambut tahun baru dengan senyuman lebar, ketika kita sudah mempersiapkan hal-hal yang ingin kita rubah, apakah semua itu bisa terjadi dalam satu hari menjelang tahun baru? aku rasa tidak.

Untuk membentuk diri kita yang 'baru' kurasa tidak hanya bisa dilakukan H-30 menjelang tahun baru. Perubahan diperlukan proses, proses yang matang dimana kita harus membiasakan dengan perubahan itu. Tidak ada yang instant didunia ini, kecuali apabila dikehendaki oleh yang maha kuasa. Maka aku selalu berpikir, tidak heran apabila resolusi orang untuk berubah menjadi lebih baik menjelang tahun baru ini, sering bobol meskipun tahun baru, baru berjalan 15 hari.

Dari pemikiranku ini, resolusi yang aku ciptakan untuk tahun 2009 itu hanyalah sebuah proses menuju resolusi yang aku inginkan. Tetapi apakah berhasil atau tidak, akan terlihat ketika tahun 2010 mengucapkan 'halo' dan tahun 2009 mengucapkan 'selamat tinggal'. Apabila diambil benang merahnya, perubahan memerlukan sebuah waktu, tidak ada yang instant.

Nenek pernah bilang
"Untuk menjadi orang sukses, tidak ada jalan pintas. Diperlukan usaha yang keras.."

Aku merenungkan kalimat ini yang secara tidak sengaja aku ingat. Aku tahu dan mengerti maknanya. Bila ingin mencapai sebuah cita-cita, atau keinginan yang sudah lama di idam-idamkan. Hal itu harus kita lakukan dengan berusaha keras. Tidak ada jalan pintas untuk menggapai impian selain berusaha dan berdoa. Sehingga untuk mencapai resolusi yang kita inginkan, diperlukan keinginan dan usaha yang keras. Insya Allah dengan keinginan yang kuat, usaha keras dan tentu doa kepada yang maha kuasa. Aku yakin, resolusi kita akan berhasil. Sehingga buah yang kita tanam selama ini, akan menghasilkan buah yang segar.

Aucun commentaire: