mardi 13 janvier 2009

Berani Kalah

Akhir-akhir ini aku merasakan bahwa zaman sekarang persaingan dari segala bidang semakin ketat? Menurutku persaingan itu perlu, karena dengan adanya persaingan tersebut, maka akan memicu diri kita untuk melakukan yang terbaik, sehingga tenaga terpendam dalam diri kita pun bisa dikeluarkan. Persaingan yang sangat ketat memang diperlukan, namun yang membuat saat hasil akhir telah kita dapat dan kita kalah, kita harus berani mengakui kekalahaan kita, meski saat proses itu terlihat persaingan yang ketat, tapi di akhir kita harus berani mengakui kemenangan lawan kita. Dari kekalahan ini kita bisa memulai kembali dengan mengevaluasi tentang penyebab kekalah, bukan berusaha dengan cara-cara tidak baik untuk tetap menang, dan sesuatu yang dipaksakan dengan cara tidak baik akan menghasilkan sesuatu yang buruk.

Semua terjadi dengan sebuah alasan. Menurut terbaik yang kita pikirkan belum tentu itu yang terbaik menurut Allah SWT untuk kita. Yang mana lebih dipercaya? pikiran kita? atau pikiran sang pencipta? ini tentu pertanyaan yang sangat tidak pantas ditanyakan bukan. Aku yakin semua yang terjadi dalam kehidupan ini sudah diatur bagaimana kedepannya. Berbagai jalan sudah ada, hanya saja jalan mana yang akan kita ambil? jalan yang penuh lika liku? atau jalan lurus yang tanpa tantangan? atau jalan yang kosong dengan kegiatan?. Disitulah letak kehidupan, pilihan.

Satu hal yang perlu disadari dari sebuah kekalahan. Kekalahan datang dan menjadi elemen tak terpisahkan dari kehidupan. Ketika ada yang sedan tertawa, senang dan sukses, di bagian bumi lainnya atau bahkan dirumah samping kita, ada yang sedang menangis terseduh-seduh dan berduka cita. Dunia ini terus berputar, sehingga kekalahan-kekalahan menjadi bagian penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan seseorang. Kekalahan-kekalahan adlaah kehidupan itu sendiri. Dengan mengalami kekalahan atau kegagalan, kita pasti akan merasakan manisnya kemenangan.

Orang yang selalu berhasil dalam kehidupannya? apakah itu yang menjadi tolak ukur bahwa ia senang dan bahagia? kurasa tidak. Terlalu gampang memperoleh sesuatu, membuat orang itu tidak merasakan jerih payah kerja keras yang merupakan sebuah kenangan tersendiri. Semakin susah kita memperoleh sesuatu, ketika hal itu berhasil berada di genggaman kita. Aku yakin kita akan merasa banggi dan bersyukur kepada yang maha kuasa.

Kalah bukan akhir dari segala-galanya, kekalahan adalah suatu momentum kita untuk bisa bangkit dan maju, jadi berani berjuang, berani menang, juga berani kalah, dan kita akan menjadi pribadi yang luar biasa, dan banyak pelajaran yang kita ambil dari kekalahan, di banding dari kemenangan, jadi menang itu biasa, berani kalah itu luar biasa, berani kalah adalah sebuah langkah awal kita menjadi sukses.

Aucun commentaire: