mardi 20 janvier 2009

Batas Kagum

Aku yakin hampir seluruh insan di muka bumi ini pernah merasa kagum terhadap orang lain. Baik orang tersebut lebih mudah dari dia, pintar atau lebih tua dari dia. Kekaguman itu muncul rata-rata, karena orang tersebut dapat melakukan suatu hal yang kita tidka bisa lakukan. Sehingga kita merasa kagum dan mengakui kehebatannya, karena hal itu tidak bisa kita gapai dengan tangan sendiri. Rasa kagum itu perlu dan wajib ada dalam setiap diri manusia, dengan ada kekaguman terhadap orang lain, kita menyadari satu hal, yaitu diatas langit pasti ada langit. Atau kalimat mudahnya, diatas orang hebat pasti ada yang lebih hebat.

Pembahasan yang muncul di benak kepala mengenai kekaguman ini, sejauh apa sih pengaruh rasa kagum kita ke orang lain itu bisa mempengaruhi diri kita? Akan kita lebih semangat untuk berusaha agar bisa melakukan apa yang dia lakukan, atau justru menerima nasib saja? Pertanyaan terbesar ketika kita merasa kagum khususnya terhadap lawan jenis. Apakah betul itu masih sekedar rasa kagum? ataukah sudah berubah menjadi sesuatu hal yang lebih dimana hati bisa terasa meringis ataupun bahagia?

Apabila kita kagum terhadap seseorang, tidak aneh apabila kita selalu menatap gerak geriknya. Sosok dia, adalah sosok yang kita kagumi, dan kita ingin bisa melakukan apa yang dia bisa lakukan. Tanpa menyadarinya, kita akan memerhatikan orang tersebut secara lebih spesifik. Apa yang terjadi ketika kita menatap dan memerhatikan orang tersebut secara terus menerus dengan rasa kagum yang selalu berkembang di hati? aku yakin perasaan kagumpun perlahan-perlahan akan berubah menjadi perasaan yang nyaman di hati. Tentu hal ini hanya bisa dirasakan apabila kita menggagumi lawan jenis.

Pertanyaan terbesar ketika kita sudah mulai jatuh ke dalam lubang kekaguman lawan jenis. Dengan sendirinya kita ingin lebih banyak berbicara atau ingin lebih mengenal sosoknya. Tanpa disadari perasaaan kagum terhadap orang tersebut menjadi perasaann suka, tetapi bagaimana cara kita menyadari akan hal itu? Kadang-kadang hal itu kita gak sadari, tetapi tiba-tiba begitu ia tidak berada di dekat kita, entah kenapa resah hati pun mulai terasa makin piluh.

Memang tidak ada yang bisa memastikan apakah rasa kagum tersebut sudah positif berubah menjadi rasa suka. Apalagi ketika kita mengaggumi seseorang yang sudah pasti kita tidak bisa menggapainya, dan dari awal kita sudah tahu akan hal itu karena orang yang kita kagumi sudah ada yang memiliki. Namun, hal itu tidak menahan hati untuk tetap menyimpan perasaan yang mendalam. Kejadian seperti ini, akan membuat kita sadar lebih cepat ketimbang kita menggagumi seseorang yang statusnya pun masih sendiri.

apabila orang yang dikagumi itu masih berstatus 'sendiri', aku rasa cukup mudah bagaimana caranya agar kita tahu bahwa kata 'kagum' tersebut sudah berubah menjadi kata 'suka'. Ketika melihat ia tertawa atau terlihat dekat dengan orang lain, sedikit lebihnya getaran listrik akan mengalir di tubuh.

2 commentaires:

Anonyme a dit…

kadang2 kagum bisa berbuntut ke cinta juga loh. hehhehe

Fyra Dhyta a dit…

buat gw kagum ya kagum
suka ya suka
cinta ya cinta

emang sie lebih enak kalo kita kagum sama lawan jenis yang masih single jadi kalo one day kita sadar kita mulai jatuh cinta at least masih bisa ngarep, hihi..tapi ya drul, walopun sie oknum yang kita kagumin itu udah ada yang memiliki, kalo emang cinta ya cinta, nggak salah juga kalo tetep ngarep ada keajaiban,=p...

Gw penganut aliran cinta nggak harus memiliki meskipun kita pengennya setengah mati(walopun banyak yang bilang cinta ya harus memiliki, oleh karena itu patut diperjuangkan). Kalo kita cinta atau lebih luasnya lagi sayang sama seseorang atau siapapun itu, kita bakal seneng kalo ngeliat dia bahagia.. Jadi buat gw boong kalo ada orang yang bilang "gw cinta sama lo jadi lo harus sama gw atau gw yang bisa ngebahagiain lo"..Ya kembali lagi, selama kita tahu orang yang kita sayang itu yang bahagia ya kita juga bahagia. Walaupun awalnya sakit buat ngerelain tapi gw percaya tar juga bakal dateng orang emang buat gw dan mau ngebahagiain gw. Kalopun selama kita hidup kita nggak ketemu orang yang kaya gitu, emang udah nasib kali. Kita kan nggak tahu apa rencana yang di Atas pas dia nurunin kita ke bumi. Apa yang buat kita baik kan belum tentu emang baik secara hakiki. Aduh out of topic, hehe..maaf yax..(Gw berasa lagi nasehatin diri gw sendiri, hihi =p)