samedi 19 avril 2008

Expectancy

Apa arti dari expectancy? Sesuatu yang kita harap bisa gapai ataupun terjadi.
Walaupun pada faktanya, expectancy seseorang biasanya selalu melebihi kemampuan yang ia miliki. Namun karena hal itu lah, terciptanya sebuah kata 'Expectancy'. Sesuatu yang kita harap bisa di peroleh dari usaha atau kemampuan kita.

Expect the unexpected....
Walaupun diri kita sudah penuh percaya diri akan kemampuan dan merasa mampu sesuatu yang sulit, namun pada akhirnya, hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan expectancy kita sehingga pada saat itu lah kita jatuh ke lubang penderitaan yang sering disebut 'Penyesalan'
Semua tidak sesuai yang kita inginkan, walaupun kita sudah berusaha segenap tenaga tetapi apa yang kita inginkan itu belum tentu juga dapat di gapai.

Kenapa? Kenapa bisa begitu?
Padahal sudah kuhabiskan waktu untuk hal ini?
Namun kenapa tidak sesuai yang diharapkan?

Sesuatu yang kita harapkan terjadi, sering sekali justru tidak terjadi. Namun hal yang paling kita tidak harapkan terjadi, malah datang tanpa kita minta. Seperti halnya suatu barang yang dicari-cari akan sukar untuk ditemukan, namun ketika kita tidak mencari barang tersebut, maka di setiap persimpangan jalan akan dapat kita temukan dengan mudah. Ironis bukan?

Nenek pernah bilang..
'Expectancy must be less than or equal to reality for satisfaction.'

Apa yang sebenarnya tertera dari kalimat ini. Untuk mendapatkan sebuah kepuasan akan hal yang ingin dicapai, kadang-kadang tingkat expectancy yang kita inginkan harus sesuai dengan kemampuan atau bahkan lebih rendah dari kemampuan kita.
Walaupun pada faktanya, titik puas atau satisfaction setiap orang itu berbeda-beda.

Aucun commentaire: