vendredi 6 avril 2012

Pentingnya Kesan Pertama.



Kesan pertama adalah pijakan awal yang penting untuk berhasil, apapun kita geluti saat ini baik itu berkenalan, atau jenjang karir sebagai seorang karyawan, atau sekedar membangun rasa percaya diri. Sebagian orang ada yang berpikir bahwa tidak menjadi masalah saat kesan pertama kita tidak terlalu bagus, nanti juga bisa disempurnakan sambil jalan.

Namun aku mulai berpikir ulang,ketika kesan pertama yang kita berikan tidak terlalu bagus, maka akan dibutuhkan kerja keras ekstra untuk membangun kepercayaan orang lain kepada kita. Padahal di masa sekarang ini, kepercayaan adalah sesuatu yang sangat mahal harganya.

Memang ada benarnya ungkapan yang menyatakan bahwa terlalu banyak berpikir tentang persiapan yang harus dilakukan akan membuat kita tidak melangkah kemana-mana. Namun bergerak tanpa persiapan juga bukan hal yang bijak. Ada juga kan ungkapan, “Tidak membuat perencanaan sama artinya dengan merencanakan gagal.” Apalagi untuk membangun first impression yang baik.

Tidak perlu membuat rencana yang terlalu sempurna, agar kita tidak terpaku dan malah tidak jadi melangkah. Namun setidaknya, buatlah perencanaan atau action plan yang bisa membuat kesan pertama performance kita dimata orang terlihat baik dan profesional. Selebihnya, sambil jalan bisa kita benahi perlahan-lahan. Pada akhirnya seiring dengan pengalaman perjalanan hidup ketika kita terus melangkah, performance kita pun makin baik. Bila sudah begitu, tunggu saja saat keberhasilan datang menghampiri sebagai hasil dari upaya kita selama ini.

Jadi, jangan berhenti untuk terus mengupgrade diri agar lebih baik lagi dari waktu ke waktu. Semoga bermanfaat untuk kita semua agar semua dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Seperti kalimat lama yang tak pernah usang, "Semakin tinggi pohon, semakin kencang angin berguncang"

Aucun commentaire: